Tentang Kopi Lelet

Mungkin bagi kebanyakan orang masih belum tahu tentang apa itu Kopi Lelet..?? Lelet disini bukan berarti lambat atau lemot melainkan di ambil dari kata “ ngelelet “ atau ngoles atau di oles dalam bahasa Indonesia, lalu apa yang di oles..?? yang di oles atau di lelet adalah batang rokok dengan lethek atau ampas kopi yang masih basah.



Kopi Lelet juga di kenal dengan sebutan Kopi Cete di beberapa Kota, jika di wilayah Jawa Timur menyebutnya dengan kata Cete dan yang pernah kami tahu juga orang Madura menyebutnya dengan sebutanKopi Candhuh.

Kalau di wilayah Jawa Tengah terkenalnya dengan sebutan Kopi Lelet terutama di Kota Lasem Kabupaten Rembang, Kopi Lelet sudah menjadi Khas Lasem jika di lihat dari kebiasaan ngelelet rokok dengan ampas kopi ini, karena sudah menjadi tradisi dan bukan hal yang aneh ngelelet rokok di kota Lasem, tradisi ini sudah di lakukan sejak dulu kala secara turun temurun oleh kebanyakan warga Lasem hingga saat ini, bahkan jika anda berkunjung ke kota Lasem hampir setiap warung kopi memiliki kopi lelet dan jumlahnya juga tidak sedikit  walau hanya beberapa warung yang memiliki cita rasa yang khas jadi tidak heran jika kopi lelet bisa menjadikan khas Lasem.



Lalu apa apa yang membedakan dengan kopi pada umumnya? Yang membedakan adalah proses pembuatan dan penyajiannya .

Selain cita rasanya yang khas Kopi Lelet memiliki bubuk kopi yang Super Halus, ini karena proses Grinder atau penggilingan di lakukan dalam beberapa kali hingga benar benar halus, jadi tidak heran jika bubuk kopi lelet bisa di jadikan karya seni baik untuk ngelelet rokok atau nge-batik rokok dan oleh sebagian orang yang berjiwa seni ampas kopi lelet juga bisa di jadikan lukisan yang indah.



Tidak ada yang tahu persis sejarah kopi lelet lasem ini di mulai tahun berapa, kamipun hanya mengira ngira atau berdasar faktor kemungkinan terbesar adalah mungkin karena sejak dulu kala Lasem juga sebagai penghasil Batik Tulis Lasem mungkin dari sinilah cikal bakal nge-batik rokok dengan lethek kopi, yang membedakan hanya medianya di mana yang satu adalah kain dan satunya adalah batang rokok.


Demikian sekilas tentang Kopi Lelet Lasem.